Gadget Android Lambat, Ayo dibuat Lebih Cepat

Sudah lama tidak menulis. Ade a baiknya menulis biar tidak jadi pelupa. Masalah gadget android lambat sepertinya menjadi masalah kebanyakan pemilik android. Kebetulan membaca My Bunny jadi inget ingin menulis hal yang sama, apalagi kebetulan tips nya sejalan.
Pertama, jangan banyak aplikasi yang berjalan bahkan terinstall. Ada pilihan dalam setting aplikasi untuk membuat apilkasi yang sudah tidak aktif tidak selalu bertahan di balik layar dengan mengaturnya segera non aktif. Aplikasi yang sydah sangat jarang digunakan ada baiknya di uninstall.
Kedua mengupdate aplikasi juga saran yang sebaiknya dituruti. Jika itu dirasa mengganggu kalau otomatis terupdate anda bisa sedikit meluangkan waktu untuk melakukannya di waktu senggang atau otomatis update di waktu malam saat berada dalam jangkauan wifi. Aplikasi yang update biasanya untuk memperbaiki kelemahan sebelumnya jadi diharapkan mempunyai performa yang lebih baik.
Ketiga bersihkan halaman Home dari wallpaper yang berat, terutama yang animated. Memang jadi terasa garing, tapi kalau memori internal anda terbatas sebaiknya saran ini diikuti.
Masalah animasi ini juga menjadi saran berikutnya untuk animasi sistem.
Berikutnya data untuk aplikasi sebaiknya seminimal mungkin, tentu juga untuk daya cache. Beberapa aplikasi security maupun optimasi bisa dipakai untuk mengatur data aplikasi. Jika anda terjebak dalam grup yang sangat aktif ada baiknya tidak otomatis download semua gambar, animasi, video maupun dokumen. Jika penting boleh dipindahkan dulu ke penyimpanan eksternal.
Berikutnya jika ponsel anda punya kemampuan dual space atau berfungsi ganda layaknya dua ponsel, sebaiknya aktifkan satu saja,kecuali Ram dan Rom anda mrmang sudah sangat melimpah. Jika ingin memasang dua aplikasi sama dalam satu gadget, pilihan aplikasi ganda mungkin lebih ringan ketimbang gadget ganda.
Mudah-mudahan bermanfaat.