Waspada Penipuan di Portal Belanja

Pernah dapat detail barang di Online Shop seperti ini: "AssalamuAlaikum Warahmatulahi Wabarakatuh* (PROMO CUCI GUDANG, PROMO DISKON terbesar [BURUAN BELI STOCK TERBATAS] Jika Serius Berminat Langsung Saja Hubungi : - WhatsApp : (0813 44I6 6***) Karena Kami Disini Tdk Melayani Pembelian Melalui L*****. * Semua Produk Yang Kami Tawarkan 100% Baru,Original Dan Masih Bersegel." Waspadalah. Meski belum pernah mencoba tapi sangat besar peluang yang seperti ini adalah aksi tipu-tipu.
Yang perlu diwaspadai adalah juga bunyi pesan "Sebelum melakukan transaksi, Silahkan Konfirmasi terlebih dahulu ketersediaan produk kami melalui live chat ******". Pesan ini sepertinya juga sangat lazim, tapi sebaiknya anda tetap waspada karena ujungnya adalah metode pembayaran yang tidak melalui sistem payment portal belanja online.
Hebatnya mereka memasang iklan di medsos. Salah satu cirinya adalah harga yang jauh dari seharusnya. Kemudian mereka tidak menggunakan sistem pembayaran yang ada dalam portal belanja online. Jadi berhati-hati jika mereka meminta membayar langsung ke rekening mereka. Salah satu perlindungan dalam sistem pembayaran portal belanja adalah jika transaksi belum dinyatakan sukses oleh pembeli (dan penjual) maka pembayaran kepada penyedia barang belum akan dilakukan.
Kunci bertransaksi bahkan memanfaatkan teknologi internet adalah selalu cermat dan hati-hati.
Jangan tergiur harga terlalu murah, pembayaran langsung ke penjual.
Pastikan bertransaksi untuk produk yang anda yakini sudah tersedia, pembayaran melalui portal, dengan model jaminan lebih disukai, pembayaran saat barang dikirim juga bagus.
Waspadalah.