Berbagi Pemanfaatan Moodle di Fakultas Kesehatan UDINUS

Selasa, 22 Juni 2010. Setelah lebih dari dua tahun jarang melirik Moodle, satu hari berbagi pemanfaatan Moodle dengan rekan-rekan dosen di Fakultas Kesehatan UDINUS terasa menyenangkan. Melihat semangat rekan-rekan yang begitu antusias, memandu selama 6 jam terasa sebentar, walau ternyata penat juga. Ibu Dekan, Dr. dr. Sri Andarini, yang katanya gaptek akhirnya berhasil menyusun materi ajar di Moodle sampai menyiapkan bahan quiz, Alhamdulillah.
Belajar Moodle bagi teman-teman yang sudah terbiasa dengan internet menjadi terasa lebih mudah. Setidaknya beliau-beliau ini sudah mempunyai dan memanfaatkan email, sehingga saat konfirmasi keanggotaan di KULINO berbasis Moodle semua berjalan lancar

Beberapa masalah yang muncul justru dari kesiapan jaringan dan database server. Mungkin sekitar 20 menit jaringan sempat terputus, untung segera dapat diatasi. Server MySQL juga ngadat sewaktu beramai-ramai menyusun quiz. Untung semua segera bisa diatasi, jadi relatif lancar. Selama jaringan off, pakai alternatif Indosat Broadband. Saat server ngadat, pindah sebentar ke Kuliah Bersama.
Kuliah online ataupun pemanfaatan media elektronik (tepatnya TIK) untuk aktifitas pembelajaran semestinya harus digalakkan (lagi). Melihat penetrasi internet yang sudah sampai 30 juta orang di Indonesia, beberapa sekolah unggulan juga sudah mendorong siswa untuk memanfaatkan laptop maka kuliah online merupakan keniscayaan.
Tahun ajaran depan (2010-2011) Insya Alloh extended class Fakultas Teknik Udinus bisa terlaksana. Memanfaatkan beasiswa prestasi Yayasan dan dukungan Kent Komputer 40 mahasiswa berhak beli Netbook seharga Rp. 1 Jt saja.